Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger


widget

.:: KEPIMPINAN ULAMA' ::.

Photobucket

.:: TV PR ::.


Photobucket

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:


.:: TENTANG DIRIKU ::.

Tadika Chung Hwa, Kota Bharu [ 1986 ]
SRJK (c) Chung Hwa, Kota Bharu [ 1987 - 1990 ]
Sek. Keb. Rambutan Rendang, Kota Bharu [ 1990 - 1993 ]
Maahad Muhammadi Lelaki, Kota Bharu [ 1994 - 1996 ]
SMA Sungai Merab Luar Sepang, Selangor [ 1997 -1998 ]
Darul Quran Wal Hadis, Pasir Pekan [ 1999 - 2001 ]
Maahad 'Ali Dirasat Islamiah Wal Arabiah, Perak [ 2002 ]
Universiti Al-Azhar Cawangan Tanta, Mesir [ 2003 - 2009 ]

Tuesday, January 12, 2010

1 Dari 4 Penduduk Bumi Beragama Islam


VIVAnews - Hampir satu perempat penduduk bumi beragama Islam atau muslim. Ini berdasarkan study terbaru yang bertujuan memetakan populasi umat muslim dunia.

India, yang majoriti penduduknya beragama Hindu, memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia, selain Indonesia dan Pakistan. Penduduk muslim India bahkan dua kali ganda dibandingkan yang ada di Mesir.

Kemudian, penduduk Muslim di China lebih banyak dari Syria. Muslim di Jerman bahkan lebih banyak dari Lebanon. Sedangkan Rusia punya penduduk muslim lebih banyak dari gabungan muslim di Jordan dan Libya.

Hampir dua pertiga penduduk muslim dunia berada di Asia, terpusat di Turki sampai ke Indonesia. Sementara, Timur Tengah dan Afrika Utara, keduanya menjadi tempat tinggal seperlima muslim dunia.

Berdasarkan laporan terbaru yang dikeluarkan Pew Forum on Religion & Public Life, ada sekitar 1,57 milion penduduk muslim di dunia atau 23 persen dari keseluruhan penduduk dunia yang berjumlah 6,8 milion.

Penelitian dilakukan dari data terkini demografi dari 232 negara dan teritori. Angka tersebut lebih tinggi dari pemeluk agama Kristen yang tercatat 2,25 milion, berdasarkan projek World Religion Database pada 2005. Menurut peneliti senior Pew Forum, Brian Grim, perkembangan jumlah muslim dunia sedikit mengejutkan.

"Secara keseluruhan, jumlah ini lebih tinggi dari yang saya perkirakan," kata dia, seperti dimuat CNN. Sebelumnya, estimasi jumlah penduduk muslim dunia dalam sekitar 1 sampai 1,8 milion.

"Banyak negara, yang kami kira tak ada penduduk muslimnya, ternyata mereka memiliki banyak penduduk muslim," kata direktur riset Pew Forum wilayah India, Rusia, dan China, Alan Cooperman.

Sementara, penulis buku terkenal Amerika Syarikat, Reza Aslan mengatakan laporan tersebut akan berimplikasi pada kebijakan Amerika Syarikat. Timur Tengah, kata dia, tak lagi bisa dijadikan representasi dunia muslim. "Isu menggapai dunia muslim, tak boleh hanya berfokus di Timur Tengah," kata dia.

Jika tujuannya menciptakan kesepahaman antara dunia muslim dan AS, fokus Amerika seharusnya di Asia Selatan maupun Asia Tenggara," tambah dia.

0 comments: